Google magnetic id card | kartu magnetik
percetakan kartu id card

google plus facebook twitter you tube

Magnetic Card

 


magnetic id card

Kartu magnetic stripe adalah jenis kartu id card yang mampu menyimpan data dengan memodifikasi magnet yang kecil berbasis besi partikel magnetik pada pita bahan kartu magnetik. Garis magnetik, sering disebut juga magnetik, kartu gesek atau magstripe, ia dapat dibaca ketika ada kontak fisik dan menggesekkannya melewati mesin pembaca atau card reader.
Diciptakan oleh IBM pada tahun 1960 di bawah kontrak dengan pemerintah AS untuk sistem keamanan, sejumlah organisasi internasional standardisasi  standar ISO / IEC 7810, ISO / IEC 7811, ISO / IEC 7812, ISO / IEC 7813, ISO / IEC 8583 dan ISO / IEC 4909,yang mendefinisikan sifat fisik kartu, termasuk ukuran, fleksibilitas, lokasi, karakteristik magnetik magstripe, dan format data. Mereka juga menyediakan standar untuk kartu keuangan, termasuk alokasi rentang nomor kartu ke kartu yang berbeda.
                                                                                       

 


Sejarah
Proses melampirkan magnetic stripe pada kartu plastik seperti id card, member card dan kartu id lainnya diciptakan oleh IBM pada tahun 1960 di bawah kontrak dengan pemerintah AS untuk sistem keamanan. Forrest Parry, Engineer IBM, memiliki ide mengamankan sepenggal pita magnetik, penyimpanan dominan menengah pada waktu itu, untuk basis kartu plastik. Dia sempat putus asa karena setiap perekat yang dia coba hasilnya tidak dapat diterima sesuai dengan yang ingin diharapkan. Strip pita baik yang melengkung atau yang karakteristiknya dipengaruhi oleh perekat, render strip rekaman tidak dapat digunakan. Setelah melewati waktu dan hari-hari yang membuatnya hampir putus asa untuk mencoba mendapatkan perekat yang tepat di laboratorium, akhirnya dia pulang dengan beberapa potong pita magnetik dan beberapa kartu plastik. Saat ia berjalan dan memasuki pintu  rumah, istrinya Dorothea sedang menyetrika dan menonton TV. Dia segera melihat rasa frustrasi di wajahnya dan bertanya kira-kira apa yang salah dan menjadi kendala. Dia menjelaskan sumber frustrasinya yaitu ketidakmampuannya untuk mendapatkan rekaman tersebut untuk "tongkat" plastik dengan cara yang akan bekerja. Dia berkata, "Kemarilah, biar aku cobanya dengan besi."  Akhirnya dia dapat memecahkan masalahnya. Panas dari besi itu hanya cukup tinggi untuk rekaman obligasi ke kartu.
Ada sejumlah langkah yang diperlukan untuk mengkonversi media magnetik bergaris menjadi sebuah perangkat yang dapat diterima industri. Langkah-langkah ini meliputi:
1) Menciptakan standar internasional untuk konten garis catatan, termasuk informasi, dalam format yang digunakan, dan menggunakan kode yang menentukan. 
2) Bidang pengujian perangkat yang diusulkan dan standar untuk penerimaan pasar. 
3) Mengembangkan manufaktur langkah yang diperlukan untuk memproduksi massal sejumlah besar kartu diperlukan. 
4) Menambahkan masalah garis dan kemampuan penerimaan untuk peralatan yang tersedia. Langkah-langkah awalnya dikelola oleh Svigals Jerome dari Divisi Advanced Systems IBM,Los Gatos, California 1966-1975.
Dalam kartu magnetic stripe, garis magnetik terkandung dalam film seperti plastik. Garis magnetik terletak 0,223 inci (5,56 mm) dari tepi kartu, dan 0,375 inci (9,52 mm) lebar. Garis magnetik berisi tiga lagu, masing-masing 0,110 inci (2,79 mm) lebar. Trek satu dan tiga biasanya dicatat pada 210 bit per inci (8,27 bit per mm), sementara jalur dua biasanya memiliki kepadatan rekaman 75 bit per inci (2,95 bit per mm). Setiap lagu dapat mengandung 7-bit karakter alfanumerik, atau 5-bit karakter numerik. Lagu 1 standar diciptakan oleh Industri penerbangan (IATA),  Track 2 standar diciptakan oleh industry perbankan (ABA),  Track 3 standar diciptakan oleh industri Thrift-Tabungan.
Magstripes berikut ini spesifikasinya biasanya dapat dibaca oleh sebagian point-of-sale hardware, yang hanya untuk keperluan umum komputer yang dapat diprogram untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Contoh kartu yang mengikuti standar ini termasuk kartu ATM, kartu bank  (kartu kredit dan kartu debet termasuk VISA dan MasterCard, gift card, kartu loyalitas, SIM, kartu telepon, kartu anggota , kartu transfer elektronik manfaat (misalnya kupon makanan) dan hampir setiap aplikasi di mana nilai atau pengamanan informasi yang tidak disimpan pada kartu itu sendiri. Banyak pusat video game dan hiburan sekarang telah menggunakan sistem kartu debet berdasarkan kartu magnetic stripe.
Kloning strip magnetik dapat dideteksi oleh head card reader dan firmware yang dapat membaca tanda tangan kebisingan magnet permanen yang tertanam dalam semua garis-garis magnetik selama proses produksi kartu. Tanda tangan ini dapat digunakan bersama dengan dua skema umum faktor otentikasi yang digunakan di ATM, debit / eceran point-of-sale dan aplikasi kartu prabayar.
Tandingan kartu yang sengaja mengabaikan standar ISO termasuk kartu kunci hotel (key card), kebanyakan kereta bawah tanah dan bus card, dan beberapa kartu panggil prabayar nasional (seperti untuk Negara Siprus) di mana keseimbangan disimpan dan dipelihara secara langsung pada garis dan tidak diambil dari remote database.

sumber: wikipedia.org

 

 

Catatan dan istilah:

Magnetic Stripe
Bahan magnetic yang digunakan sebagai sebuah area hitam pada permukaan kartu yang digunakan untuk meng-encode informasi dan data pada id card. Ada 2 tipe magnetic strip yaitu HiCo (high coercivity) dan LoCo(low coercivity)

Magnetic LoCo
Atau Low coercivity adalah nilai koefisiensi yang rendah dari suatu media magnetik yaitu antara 250 - 600 Oe (ISO 7811-2). Warna stripe adalah coklat

Magnetic HiCo
Atau High coercivity adalah nilai koefisiensi yang tinggi dari suatu media magnetik yaitu antara 2500 - 4000 Oe (ISO 7811-6). Warna stripe adalah hitam

Encode
Yaitu proses "penulisan" informasi atau data secara elektronis pada magnetic stripe atau chip smart card. Encoding dikerjakan oleh modul encoding pada id card printer atau id card writer dimana modul ini adalah modul tambahan/opsional. Melalui software tertentu, informasi yang "ditanamkan" ditransfer melalui modul ini.

Coercivity
Koefisien dari magnetic stripe yang menunjukkan sejumlah gaya yang diperlukan sebelum jenuhnya (saturasi) magnet dan diukur dalam satuan Oersted (Oe). Ada 2 koefisien magnetic stripe yang umum di pakai yaitu hico (high coercivity) dan loco (low coercivity)